Breaking News

Blogger templates

Blogger templates

Blogroll

Template Information

Wavy Tail

Thursday, October 17, 2013

MAKALAH MUSIK MANCANEGARA DI ASIA



MUSIK MANCANEGARA DI ASIA

A.    Melayu
Rumpun Melayu, di antaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Ciri utama dari musik Melayu adalah menggunakan alat musik membranophone atau gendang tradisional yang menghasilkan sentuhan dendang dan joget.
1.      Musik Melayu
Musik Melayu adalah musik yang tumbuh dan berkembang di Negara Melayu. Negara-negara Melayu, antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Untuk negara Filiphina karena bekas jajahan Portugal maka musiknya berkiblat pada diatonis Barat. Ciri khas musik Melayu adalah menggunakan gendang tradisional atau rebana berukuran besar yang membawa sentuhan dendang dan joget Melayu. Instrumen yang dominan pada music Melayu adalah biola, accordion, dan gong. Di Indonesia, musik Melayu hanya berkembang di daerah Sumatera, khususnya daerah Riau dan Sumatera Barat.

2.      Alat musik Melayu
 Gong                                                                          Biola


                         



Gendang

                                                     






 B.   Oriental
Negara oriental, antara lain Cina, Jepang, Korea, dan Hongkong. Musik oriental yang paling menonjol adalah instrumen string (alat musik petik dan gesek) dengan tangga nada pentatonis setempat.

  1.      Musik Oriental
          Musik oriental berkembang di Cina, Korea, dan Jepang. Keunikan music Cina dan Jepang terletak pada instrumen, khususnya alat musik string baik yang dipetik maupun yang digesek. Tangga nada yang digunakan adalah tangga nada pentatonis (1 2 3 4 5 6) (do re mi fa sol la). Suara alat musiknya ketika dimainkan akan menimbulkan suasana yang ekspresif.
  2.     Alat Musik Oriental di China

Koto : gitar klasik Jepang, ke-13 senarnya dimainkan dengan dua tangan dan dapat menghasilkan musik yang sangat ekspresif.










C.   Hindustan
Musik Hindustan yang paling dominan adalah negara India atau Pakistan. Musik Hindustan mudah dikenali dari ritme instrumen tabla. Tabla, yaitu kendang India yang berupa sepasang kendang berbentuk bejana (kendil), dimainkan dengan sentuhan jari dan telapak tangan.


1.    Musik Hindustan

Musik Hindustan tumbuh dan berkembang di daerah India, Pakistan, dan Bangladesh. Di negara India, musik Hindustan lebih berkembang. Ciri khasnya terletak pada ritme yang ditimbulkan oleh instrumen membraphone yang disebut tabla dan instrumen string yang disebut sitar.

2.   Alat Musik Hindustan

a.   Tabla : sepasang drum yang memimpin sitar dan tambura dalam music klasik India. Pemain tabla memukul bagian tengah kulit pukul dengan jari, sedangkan telapak tangan menekan bidang pukul untuk membuat variasi nada.








D.  Timur Tengah/Padang Pasir
Musik Timur Tengah berkembang di negara Arab dan sekitarnya.Musik Timur Tengah, antara lain qasidah. Qasidah ialah lagu bernapaskan Islam yang melodinya berakar pada lagu Timur Tengah (Arab). Penyajian lagulagu Timur Tengah menggunakan iringan seperangkat rebana. Lagu-lagu qasidah berdasarkan tangga nada tradisional Timur Tengah. Tangga nadanya memiliki skala nada diatonik dan kandungan nada-nada mikrotoknik seperti terdapatdalam alunan tangga nada al bayat (bayati), al rast, al sika (sikah), al ‘ajm, al rahawand, al hijaz, dan al saba (sobat).
1.    Musik Timur Tengah/Padang Pasir
Musik Timur Tengah yang paling menonjol adalah qasidah. Qasidah adalah lagu bernapaskan Islam yang alur nadanya/melodinya berakar/berorientasi pada lagu Timur Tengah. Dalam Islam, sajak lirik dengan metrum yang sesuai untuk dinyanyikan atau disenandungkan, baik oleh penyanyi tunggal, paduan suara. Syair lagu qasidah menceritakan keagungan Allah, kebesaran Rasul-Nya, ajakan beramal dan berjihad di jalan Allah, serta anjuran untuk menjalankan perintah Allah, dan menjauhi larangan-Nya.

2.    Alat Musik Timur Tengah/Padang Pasir

a.    Rebana : alat musik yang berupa gendang satu sisi dengan badan tidak rendah sesuai dengan kemampuan genggaman tangan.




TARI MANCANEGARA DI ASIA
A.   Tarian Melayu

1.      Tari Pong Lang






Tari Pong Lang berasal dari wilayah timur laut Thailand. Irama tariannya sangat dinamis dan mempunyai daya tarik tersendiri. Tari Pong Lang dibawakan oleh dua penari pria dan dua penari wanita.

B.    Tarian Oriental

1.    Tari Naga
Tari Naga berasal dari zaman Dinasti Han (180-230 SM). Tari Naga dibuat dengan menggabungkan gambarangambaran dari berbagai hewan yang biasa ditemui. Kemudian, naga kaum Tionghoa ini berkembang menjadi sebuah makhluk dunia dongeng yang dipuja dalam kebudayaan Tionghoa. Bentuk fisiknya merupakan gabungan dari bagian fisik berbagai hewan, diantaranya tanduk dari rusa jantan, telinga dari banteng, mata dari kelinci, cakar dari harimau, dan sisik dari ikan.






C.    Tarian Hindustan

1.      Tari Bharatanatyam

Bharatanatyam adalah bentuk tari klasik yang berasal dari suku Tamil Nadu, sebuah wilayah di selatan India. Halhal yang diutamakan dalam tari Bharatanatyam adalah ekspresi wajah, gerakan kepala, dan ritme.







                                                                               
D.   Tarian Timur Tengah/Padang Pasir
Tarian di mana tarian tersebut selalu bersifat islami dan selalu memakai qasidah 

3 comments:

Designed By Thaufiq